ketika waktu berlalu

Tuhan, hidup berlalu begitu cepat. Peristiwa-peristiwa yang beberapa tahun lalu menyita perhatianku, kini telah menjadi kenangan yang samar; konflik-konflik dalam hidupku yang beberapa bulan lalu terlihat begitu krusial, kini terlihat sia-sia dan tak layak; pergulatan batin yang merenggut waktu tidurku beberapa minggu lalu, kini telah menjadi perasaan lampau yang tak kukenali lagi; buku-buku yang memenuhiku dengan kekaguman beberapa hari yang lalu, kini tidak terlihat penting; gagasan-gagasan yang menawan pikiranku hanya beberapa jam yang lalu, kini telah kehilangan daya dan telah tergantikan dengan gagasan-gagasan yang lain.

Mengapa begitu sulit untuk belajar dari pengalaman ini? Mengapa aku terus-menerus terjebak dalam kemendesakan dan kegentingan? Mengapa aku tidak melihat bahwa engkau adalah kekal, bahwa kerajaanmu ada untuk selamanya, dan bahwa bagimu seribu tahun lamanya seperti hari kemarin? Ya Tuhan, izinkanlah aku masuk dalam kehadiranmu dan di sana mencecap kekekalan, keabadian, cinta yang tak berkesudahan yang dengannya engkau mengundangku untuk membiarkan berlalu semua kecemasan, ketakutan, obsesi, dan kekhawatiranku yang terikat waktu. “Carilah dahulu Kerajaan Allah,” sabdamu, “dan segalanya akan ditambahkan kepadamu.” Segala yang terikat oleh waktu akan menunjukkan maknanya yang sejati ketika aku dapat melihatnya dari tempat yang engkau inginkan aku ada di sana, dalam cinta yang tak berkesudahan.

diterjemahkan dari: “Mornings with Henri J.M. Nouwen: Readings and Reflections”, Compiled by Evelyn Bence, Ohio: St. Anthony Messenger Press, 1997, no. 1, “As Time Goes By”.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s