khawatir

Yang lebih memperbudak daripada kesibukan adalah kekhawatiran. Khawatir berarti memnuhi waktu dan tempat kita dengan hal-hal tertentu jauh sebelum kita mengalaminya. Inilah kecemasan dalam arti yang khusus. Benak kita dipenuhi dengan “seandainya”. Kita berpikir: “Bagaimana seandainya saya terserang flu? Bagaimana seandainya anak saya tidak pulang? Apa yang akan terjadi seandainya saya kehilangan pekerjaan? Bagaimana seandainya besok tidak ada cukup makanan? Bagaimana seandainya ada yang menyerang saya? Bagaimana seandainya tiba-tiba perang meletus? Bagaimana seandainya dunia kiamat? Bagaimana seandainya…? Semua pengandaian yang memenuhi pikiran kita ini membuat kita ceas dan terus-menerus mempertanyakan apa yang harus kita kerjakan dan apa yang harus kita katakan tentang sesuatu yang akan terjadi di masa yang akan datang.

Banyak bahkan mungkin semua, penderitaan kita disebabkan oleh kekhawatiran-kekhawatiran ini. Kemungkin perubahan jabatan, konflik-konflik keluarga, penyakit, wabah, perang nuklir, membuat kita merasa cemas, takut, curiga, bingung, dan muram. Semua itu menghalangi kita untuk mengalami kebebasan sepenuhnya.

Karena kita selalu mau mempersiapkan yang akan terjadi, kita jarang percaya pada apa yang sedang terjadi. Tak terlalu berlebihan kalau dikatakan bahwa banyak tenaga manusia diserap oleh kekhawatiran-kekhawatiran yang menakutkan ini. Kehidupan individual dan kehidupan bersama kita begitu dibentuk oleh kecemasan-kecemasan akan hari esok sehingga sukar untuk sungguh-sungguh menghayati hari ini…

sumber: Henri J.M. Nouwen, Cakrawala Hidup Baru, Yogyakarta: Penerbit Kanisius, 1986, hlm. 17.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s